Monday, October 17, 2005

aLL abOut inHaLasi

Inhalasi Day One
Pagi-pagi Naya udah di lap-lap dan siap-siap pergi. Kali ini kita harus ke RSPI (lagi!) setelah hari Sabtu lalu kesana untuk ketemu Om Dokter Hari Martono…sekarang untuk INHALASI day 1.

Kita berangkat jam 6.30 sama Mbok Ibo juga. Ternyata perjalanan ga terlalu macet dan dengan sukses sampai di RSPI jam 7.30. Sedangkan appointment Nya itu jam 8.00.

Setelah menunggu kurang lebih ½ jam…akhirnya “Mallika…silahkan masuk”.

Wah, Bubu dan Ayah udah ikutan tegang. Secara, hari Sabtu lalu kita udah denger ceritanya kaka Dama di inhalasi. Sampe nangis-nangis histeris segala. Malah katanya terakhir setelah treatment…Kk Dama sempet muntah segala. Jadi, Bubu udah persiapan dari rumah bawa baju ganti untuk Naya, waslap, handuk dan baju ganti untuk Bubu sendiri.

Inilah yang terjadi, pertama Naya dikasih sinar dulu di dada…awalnya sich Naya masih anteng dan sibuk lihat kanan kiri. Tapi, begitu udah berasa sedikit hangat….Naya langsung ngeringik.
Kedua, acara main lampu warna pink itu (kata om fisioterapisnya) pindah dari dada ke punggung. Semua dilakukan dengan Naya dipangku Bubu. Emang dasarnya Naya juga udah ‘Ano’ duluan..ya,akhirnya mulailah dunia nangis histeris itu.

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com


‘Tenang, Nak…”, Bubu bolak-balik bilang begitu terus…

Karena ternyata penderitaan mu belum lagi berakhir. Setelah acara sinar menyinar itu…masih juga ada yang lebih parah lagi…’acara main uap’ (kata om fisioterapisnya).

Yang ini…tega ga tega…Ayah harus rela melihat anaknya menangis tanpa henti itu dengan megangin selang uap nya.
Image hosted by Photobucket.com

“Biar dech Naya kali ini Ayah dibilang kejam sama Naya…tapi kan biar Naya cepet sembuh…”, begitu Ayah bilang.

Naya teken ENTER dech nangisnya. Yang bikin Bubu mati gaya adalah….di ruangan itu sama sekali ga ada pemandangan yang bisa Bubu certain biar bisa bikin Naya setidaknya jadi lupa sama penderitaannya. Masa Bubu mau ngebahas alat penguapannya ??? kan ga mungkin banggeeettt…pasti Naya juga tambah depresi. Sejauh yang Bubu liat…Cuma ruangan berwarna dengan dinding yang polos…dan ada sich yang bisa diceritain…Tau kan tabung oksigen yang ditempel di dinding yang biasa ada di kamar rawat inap. Nah! Cuma ada itu yang bisa bolak balik Bubu bilang..”eh, ada tabung apa ya…” sama satu lagi …GORDEN. Udah…jadi perjalanan penguapan itu rasanya lamaaaa banget.

Bagian ketiga mungkin bagian yang paling Naya suka….massage!
Sekarang badan Naya dipijet-pijet…tepatnya sich dikasih alat yang getar-getar..bikin Naya geli..hi..hi..karena Naya ngeliatin Om terapis nya itu terus..sambil bengong ga jelas.
Image hosted by Photobucket.com

“Nah, selesai dech…mudah-mudahan dahaknya bisa lancar keluar ya..” begitu pesan Om Terapisnya.

Yang Bubu dan Ayah heran…kok Naya ga langsung muntah di tempat ya???
Lucunya lagi...sempet-sempetnya Ayah motretin Naya..dan Naya juga sempet2nya pose walaupun lagi nangis...heran!
InHaLasi dAy tWo

Hari ini Naya kembali harus menjalani proses fisioterapi yang kedua.

Kalau kemarin Naya masuk ruangan yang sama sekali ga friendly untuk anak-anak..kali ini Naya beneran masuk ke ruangan yang emang khusus buat anak-anak.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Ruangan bercat kuning ini diberi aksen border yang gambarnya banyak (jadi Bubu ga perlu mati gaya waktu Naya meringik-meringik).

Pertama mulai emang cuma Naya sendiri..Tapi begitu masuk tahap ‘main uap’, ada 2 peserta yang bergabung sama Naya.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Di hari kedua ini Naya sudah semakin rela diberikan beberapa tahapan inhalasi. Apalagi Ayah juga mulai kreatif becanda sama Naya. Padahal juga cuma main petak umpet di belakang gorden sambil motret-motret Naya. Bubu juga jadi bisa certain gambar-gambar jenis mobil yang ada di wall papernya.

Begitu ada ‘tetangga’ yang ikutan join inhalasinya…dan mereka juga mulai meringik-meringik, susternya tiba-tiba langsung buka gordennya dan bilang, “Mallika…ada temennya nich..”

Langsung dech Naya cengengesan…sambil menyapa dengan bahasa bayinya. Kayaknya dia bilang “Kamu jangan takut…aku aja tadi udah mulai ga nangis tuch..”

Lucu dech..

Kali ini Bubu tinggal Naya pergi kerja selesai Naya inhalasi. Ga enak kebanyakan izin. Pokoknya setiap hari Bubu setia nemenin Naya inhalasi dulu dech sebelum Bubu pergi kerja.



Inhalasi day three

Rabu, ga terasa udah 3 kali Naya mondar-mandir ke ruang inhalasi. Kali ini sepi. Hanya Naya seorang yang menjalani inhalasi..apa karena masih pagi, jadi belum banyak yang dateng.

Fisioterapisnya pun yang menangani Naya di hari pertama. Naya kayaknya lupa-lupa inget..jadi agak ngeliatin dengan tampang juteknya itu.
Image hosted by Photobucket.com

Inhalasi berjalan mulus…ga pake banyak ringikan karena mungkin Naya sudah terbiasa dengan ritual ini dan tahu…di akhir perjalanan setiap episode inhalasi ini selalu ada ‘hadiah’ dengan pijitan yang enak banget di punggung dan dada.

Inhalasi day four

Hari ini ga ada yang istimewa…Naya sepertinya sudah mulai terbiasa dengan ritual fisioterapinya.

Hanya saja..kok ya setelah 4 hari menjalani fisioterapi..batuknya belum juga hilang benar. Masih ada sedikit-sedikit walau ga sering.

Naya udah bisa dialihkan perhatiannya biar ga terlalu mikirin si fisioterapi ini.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com


Inhalasi day five

Terakhir kalinya untuk saat ini…Naya sabar ya..

Tapi ternyata Naya mungkin menyimpan prinsip ‘save the best for the last’.

Diakhir kalinya ini…Naya nangis ga tanggung-tanggung. Mungkin karena Naya juga bosen karena ga ada yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Sementara Ayah dan Bubu udah mulai kebiasaan dengan habitat Naya yang makin lama makin tenang…jadi kita ga prepare scenario kalau Naya tiba-tiba nangis.
Image hosted by Photobucket.com

Seperti biasa…sesi menangis tak tanggung-tanggung dimulai waktu main-main asap dan berhenti pada sesi pijit-pijitan..sambil asyik ngeliatin Om fisioterapisnya yang hari itu beda lagi (lebih ganteng dari yang biasanya…maaf ya, Om..).
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Selesai sudah prosesi inhalasi yang bikin Naya, Bubu dan Ayah harus bangun pagi-pagi dan berangkat ke RSPI.

Kapok ya kalau harus balik lagi ke ruangan ini….mudah-mudahan ini yang terakhir ya, Naya..