Sunday, August 07, 2005

Bulan KeEnam kEhiduPan Naya

Memasuki bulan keenam, Naya sudah semakin menunjukkan kepintarannya.
Yang semula Naya belum bisa guling-gulingan...diawal bulan ini sudah mulai bisa tengkurap sendiri. Walaupun masih sulit untuk kembali telentang.
Ekspresinya pun sekarang sudah semakin kompleks. Sudah bisa mengekspresikan senang, sedih, tidak suka..bahkan Naya sudah bisa merengek minta susu.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Sesuai dengan rekomendasi dari DSA nya Naya untuk memberikan makanan tambahan selain susu..Bubu mulai memperkenalkan bubur susu, buah-buahan, biskuit dan yogurt.
Bubur susu rasa beras putih, kacang hijau dan beras merah adalah tahap awal pengenalan makanan padat untuk Naya. Sayang, setelah beberapa hari menyantap bubur susu rasa dasar ini..Naya sudah bisa bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Jadi, Bubu mulai berkreasi dalam menyajikan bubur susu dengan cara mencampur bubur susu rasa dasar (instan) dengan sari buah-buahan.
Susu formula pun sudah beralih ke susu lanjutan (tahap 2). Ini yang menyebabkan pup Naya sedikit keras. Karena susu lanjutan mengandung lebih banyak protein.
Buah-buahan yang sudah Bubu berikan seperti pisang, jeruk Pacitan, pepaya, melon merah dan apel.
Ternyata hanya tahan 1 minggu dengan sistem seperti itu. Bubu harus kembali putar otak untuk menghidangkan santapan lezat untuk Naya.
Mulut Naya yang mingkem ayo kem..membuat Bubu mencoba untuk memberikan nasi tim saring yang ingredientsnya: beras putih, wortel, ati ayam, tomat, tahu sutra, tempe, bayem..tambahin keju sedikit..hmmm gurih.
Terkadang ati ayamnya bisa diselang-seling dengan ikan salmon.
LAHAP!
Memasuki minggu terakhir bulan keenam, Naya semakin sulit makan. Segala cara udah Bubu coba. Mulai dari mancing mulut Naya supaya bisa kebuka dengan mainan, empeng, dot yang isinya air putih..sampe sendok yang biasa dipake makan..

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

wuich..perjuangan berat dech biar Naya bisa maem. Tapi kalo selera minum buah..jangan ditanya... glek..glek..glek..
Sekarang Naya juga sudah mulai bisa mainin bibirnya..seperti digigit-gigit, terus nyembur-nyembur..
Lebih centil kalo liat dirinya di cermin..sampe senyum-senyum sendiri.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Naya juga sudah mengenal orang yang jarang ketemu. Lebih takut lagi kalau ketemu laki-laki yang tinggi dan besar. Mungkin karena di rumah kan tidak ada laki-laki yang tinggi besar. Sudah mulai kangenan sama Bubu dan Ayah. Kalo Bubu dan Ayah pulang, mesti minta gendong dulu..baru dech ditinggal bersih-bersih.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Dan diakhir bulan Naya sudah mulai bisa guling-gulingan sendiri..(fuich..akhirnya). Bisa merangkak mundur pula..
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com
Genggaman nya juga semakin kuat. Mulai bisa meraih plastik dengan cepat, koran dengan cepat..
Duduk pun sudah semakin kuat. Hanya saja terkadang masih suka sempoyongan. Malah kadang Naya udah mau berdiri dan ajlut-ajlutan..
Diakhir bulan ini Naya tidak ada jadwal imunisasi. Hanya kontrol rutin saja.
Kenaikan berat badan Naya pun tidak banyak..sekarang berat badan Naya 8,1 kg dengan tinggi 69 cm dan lingkar kepala 42 cm.